Mau Mengolah Daging Sapi? Kamu Wajib Tahu Tips Dasar Ini!

Sering masak daging tetapi hasilnya alot dan tidak empuk dan lembut? wah wah tentu kecewa ya tetapi jangan kuatir sekarang kalau kamu sudah baca artikel ini bakal tahu tips mengolah daging sapi biar makin empuk dan lembut
sajiansedap.grid.id
walaupun memiliki resep masakan yang jos tetapi kalau dagingnya masih alot tentu kurang nikmat khan. Lalu bagaimana cara yang tepat mengolah daging agar mendapatkan tektur daging yang lembut dan empuk?

Seperti dilansir oleh sajiansedap.grid.id, sebetulnya mudah saja ketika mengolah masakan daging sapi agar ahsilnya kian lembut, empuk dan lezat. Hal dasar Yang perlu kamu ketahui adalah cara memotong daging dan cara memilih dagingnya, berikut tips-tipsnya.

Cara memotong daging Yang benar
resepkoki.id
Untuk mendapatkan daging yang empuk sebenarnya ada teknik yang harus diketahui saat memotong daging itu sendiri. Bila kita perhatikanlah dengan seksama pasti pada permukaan daging akan tampak serat dagingnya. Dengan mengetahui arah serat daging maka kita mudah menentukan potongan daging apakah dipotong melintang atau searah dengan serat daging. Selain itu kita juga perlu mengetahui kapan daging itu perlu dipotong melintang dan kapan dipotong searah serat daging.

Setiap masakan memiliki aturan sendiri-sendiri tetapi bila daging ingin dimasak dalam tempo cepat maka potonglah daging secara melawan arah serat daging atau secara melintang. Dengan potongan melintang maka serat daging akan menjadi pendek sehingga daging akan lebih mudah dikunyah saat dimakan. Potongan daging melintang ini bisa diterapkan untuk masakan seperti tumisan atau daging yang diolah menjadi steak.

Selain dipotong melintang ada juga jenis masakan yang dagingnya justru harus dipotong searah serat daging. Hal ini kita lakukan bila daging tersebut akan diolah menjadi masakan rendang, dendeng atau akan dibuat abon dimana masakan-masakan ini memiliki waktu proses memasak yang lama. Dengan dipotong searah serat daging tujuannya adalah daging tidak mudah hancur saat proses pengolahan (dimasak) dalam waktu yang lama.

Memilih Bagian Daging Yang Tepat
tenderloin (has dalam) - resepkoki.id

Bila ingin mendapatkan daging yang empuk pilihlah bagian daging has dalam (tenderloin) yang memiliki tekstur empuk sehingga kita tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengolahnya.
shank (sengkel) - resepkoki.id
Sedangkan bila ingin membuat masakan seperti empal pilihlah bagian daging shank atau sengkel. Bagian daging ini tidak akan hancur bila dimasak dalam waktu yang lama. Tapi bila ingin masakan rendang ada baiknya pilihlah daging sirloin atau has luar.

Sirloin (has luar) - resepkoki.id
Dengan memilih daging yang tepat untuk tiap jenis masakan dan cara memotong yang tepat maka akan diperoleh daging menjadi empuk dan lezat. Demikian tips agar masakan olahan daging menjadi empuk dan lembut. nah tunggu apa lagi sekarang saatnya praktek, selamat mencoba.

Sumber : sajiansedap.grid.id
Copyright © DEKATSINI. All rights reserved. Template by CB