Begini Cara Menulis Konten Untuk Web Affiliasi

Konten wajib menjadi prioritas yang harus dipegang oleh setiap pemilik web affiliasi. Sebuah web affiliasi harus memiliki konten berkualitas sekaligus gampang dipahami oleh pembacanya. Konten konten ini dapat berupa ulasan produk atau uji coba sebuah produk yang akan dipromosikan.

Selain memanfaatkan SEO on-page dan off-page, adanya konten yang baik adalah salah satu cara yang paling teruji untuk meningkatkan traffic sebuah website. Hal ini tentu akan berimbas pada penghasilan sebuah website affiliasi.


Oleh sebab itu ada baiknya bagi pemilik web affiliasi untuk memahami bagaimana menulis artikel afiliasi yang berkualitas. Hal dasar yang harus dipahami bahwa membuat artikel atau konten berkualitas tersebut adalah untuk memuaskan pembaca bukan untuk algoritma mesin pencari. Artikel yang dibuat untuk memuaskan pembaca akan terlihat natural atau alami. Mesin pencari akan tahu mana artikel yang alami atau bukan. Artinya ketika kita membuat artikel bekualitas dan alami maka akan membantu peringkat website di halaman mesin pencarian.

Berikut ini beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat menulis sebuah artikel Affiliasi yang baik

1. Ruang Lingkup
Perlu memahami ruang lingkup sebuah produk sehingga bisa membedakan artikel mana yang cocok untuk sebuah produk. Sebuah produk yang perlu review yang mendalam harus ditulis secara mendetail demikian juga sebaliknya. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena beberapa orang tidak puas saat membaca tulisan yang sangat pendek untuk sebuah produk yang  seharusnya diulas dengan detail. Di lain sisi ada pembaca yang ingin membaca poin-poin penting saja sehingga hindari menulis terlalu banyak.

Buatlah artikel yang mampu menjawab mengenai produk tersebut. Ada baiknya artikel yang dibuat juga dilengkapi gambar yang ilustratif. Orang lebih mudah memahami dengan melihat secara visual dibandingkan dengan memaca teks. Sehingga konten konten visual yang mendukung sangat baik untuk edukasi pembaca lebih cepat.

2. Panjang Artikel
Tidak ada jumlah pasti berapa panjang sebuah artikel affiliasi dibuat karena semua tergantung pada ruang lingkup produk yang ingin disampaikan ke pembaca. Tetapi dari beragam sumber terkait SEO maka artikel affiliasi lebih baik memiliki panjang artikel minimal 250 kata.

Untuk artikel yang panjang lebih dari 700 kata ada baiknya untuk meringkas detail produk dalam bentuk daftar dan membuat sebuah kesimpulan pada akhir artikel karena ini aspek penting dari artikel afiliasi dimana pembaca biasanya akan lebih fokus memanca di bagian ini.

3. Relevansi Artikel

Kita perlu mereview kembali artikel yang sudah lama diposting terkait suatu produk. Tanyakan kepada diri sendiri: apakah ada info pada produk ini masih relevan saat ini, apakah perlu tambahan atau apakah ada pembaruan baru untuk produk yang ditampilkan dalam web affiliasi? Hal ini untuk memastikan bahwa arikel affiliasi yang kita tulis tetap relevan saat ini.

4. Kualitas Artikel
Buatlah artikel dengan baik tanpa ada salah eja atau salah tulis. Bila memakai Wordpress kita bisa memanfaatkan plugin Yoast SEO saat membuat artikel. Algoritma mesin pencari akan memberi peringkat artikel yang lebih baik jika kalimat yang dipakai pendek dan memakai ejaan dan tata bahasa yang tepat.

5. Struktur Artikel
Subpos, paragraf, tabel, dan kesimpulan akan membuat pengunjung situs web affiliasi merasakan manfaat membaca artikel affiliasi.Setiap paragraf tidak boleh lebih dari lima hingga tujuh baris. Untuk membandingkan, coba baca artikel online pada majalah terkenal dan bandingkan dengan struktur tulisan di website affiliasi kita. Bacalah artikel sendiri dan tanyakan apakah artikel yang kita tulis sudah mudah dipahami atau malah berbelit belit.

6. Konten Unik
Buat artikel yang orisinil saat menulis sebuah artikel affiliasi. Artikel dibuat berdasar pengalaman pribadi saat menggunakan produk. Penting bahwa kita sudah menguji produk tersebut sebelum membuat sebuah artikel affiliasi.  Hal ini akan membuat sebuah konten unik bila dibandingkan dengan website affiliasi lain walau dengan produk yang sama karena setiap orang akan memiliki penilaian yang berbeda dan pengalaman yang berbeda pada sebuah produk. Pembaca akan makin mudah percaya saat membaca review pengalaman dari pemakai produk itu sendiri.

7. Link Internal
Buatlah artikel yang saling berhubungan dengan artikel lainnya dengan menambahkan intenal link. Hal ini akan memudahkan pembaca dan mesin pencari saat mencari artikel lainnya yang saling berhubungan. Contoh link internaal ini bisa dilihat pada wikipedia.org dan buatlah seperti itu untuk situs web affiliasi Anda sendiri.

8. Link Eksternal
Menyediakan tautan eksternal akan memberi informasi bermanfaat bagi pengunjung Anda dan ini akan dianggap positif oleh mesin pencari - karena website affiliasi Anda menambah nilai bagi pembacanya. Aturlah tautan eksternal agar terbuka di tab baru, sehingga tidak kehilangan pengunjung ketika mereka mengklik tautan tersebut.

Related Posts: